Masa depan Emis

Bakari: Emis Menentukan Pendidikan di Bawah

BOROKO – (22/04) Kemajuan dunia pendidikan tidak hanya maju secara kualitas pendidikan, tapi juga harus maju dalam penyediaan akurasi data sehingga mampu mempermudah mobilitas akses dan action setiap peraturan dan kebijakan di dunia pendidikan. Tersedianya data merupakan faktor utama penunjang mobilitas dunia pendidikan.

Ditemui di ruanganya, Ichsan Bakari, SE. selaku operator EMIS Seksi Pendis Kemenag Bolmut ditanya tentang sejauh mana fungsi dan tujuan EMIS, dengan tegas Bakari, operator yang dikenal handal dan cekatan ini menjawab. “EMIS penentu semua hal yang terkait sekolah, siswa dan guru, mulai dari data siswa, penyaluran BSM (bantuan siswa miskin), sampai kepada sarana dan prasarana sekolah, tanpa EMIS, maka semua yang telah disebutkan tadi akan tersendat,” terangnya.

Pernyataan Bakari tentu sangat beralasan, sebab EMIS memang memiliki beberapa tujuan sebagaimana yang tertuang dalam Pedoman Mekanisme Pendataan Lembaga Pendidikan Islam Tahun Pelajaran 2009-2010. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009: halaman 8-9, menyebutkan antara lain:

Menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan dalam perumusan kebijakan, perencanaan penyelenggaraan pendidikan, pengembangan proyek, penyusunan anggaran dan pengambilan keputusan.
Menyediakan dan mendukung pimpinan dengan data terbaru yang diperlukan untuk membuat perencanaan dan pengambilan keputusan yang lebih efektif dalam skala regional dan nasional.
Membantu percepatan penyelenggaraan otonomi daerah dengan menyajikan data secara regional (provinsi dan kabupaten/kota) sehingga daerah dapat dengan mantap menyusun rencana pembinaan dan penyelenggaraan pendidikan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota dengan mempertimbangkan aspek kesetaraan, kualitas, efisiensi, dan efektivitas.
Memperkuat kemampuan provinsi dan kabupaten/kota dalam memenuhi permintaan data dan informasi dari pejabat yang lebih tinggi atau pihak lain.
Menilai pelaksanaan dan pencapaian tujuan pendidikan di madrasah dilihat dari aspek kesetaraan, kualitas, efisiensi, dan efektivitas.
Bakari juga menegaskan, bahwa EMIS menentukan Keberlangsungan Pendidikan di Bawah Naungan Kemenag Bolmut.

Demikian hasil bincang kami dengan Bakari di sela-sela kesibukannya. (Sof) sumber :http://sulut.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=254476

Komentar

Postingan Populer